Cara Menggunakan Google Maps dengan Suara dan Pengaturannya

Kehadiran Google Maps sangat membantu masyarakat yang tidak tahu jalan, ketika ingin berkunjung ke suatu tempat. Tidak hanya menampilkan rute jalan pada layar, namun Google Maps bisa memandu kamu dengan fitur suara. Lantas, seperti apa tips cara menggunakan Google Maps dengan suara agar tidak tersesat?

Google Maps bisa menjadi asisten pribadi yang dapat memandu kamu ketika ingin mengunjungi suatu tempat, dimana akan memberikan petunjuk arah berupa rute jalan mana yang harus dilewati, sehingga membantu pengguna yang belum pernah melewati jalan tersebut.

Menariknya, terdapat fitur yang dapat memungkinkan pengguna tidak perlu sering melihat layar, cukup dengarkan perintah petunjuk arah jalan melalui suara atau yang dikenal dengan sebutan navigasi suara. Untuk menggunakan fitur tersebut, simak lainnya dibawah ini

Cara Menggunakan Google Maps dengan Suara

Dengan adanya fitur navigasi suara memudahkan pengguna melewati jalan sesuai rute yang diperintahkan melalui suara Google Maps, mulai dari arahan belok dan menyebutkan nama jalan yang harus dilewati, termasuk jarak menuju lokasi. Adapun cara menggunakan navigasi suara tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Google Maps
  2. Klik Foto Profil di pojok kanan atas layar
  3. Pilih dan klik Pengaturan atau Setelan
  4. Kemudian pilih dan klik Setelan Navigasi
  5. Pada Status Suara, pilih Disuarakan
  6. Bagian Volume Panduan, pilih Normal
  7. Selanjutnya Pilih dan klik Putar Suara Percobaan
  8. Maka akan terdengar contoh suaranya
  9. Selesai
Pengaturan Navigasi Suara Di Google Maps
Pengaturan Navigasi Suara Di Google Maps

Itulah tips cara menggunakan Google Maps dengan suara untuk memandu pengguna melewati rute jalan dengan perintah suara. Setelah mengaktifkan fitur navigasi suara, selanjutnya memulai perjalanan dengan Google Maps, caranya sebagai berikut:

  1. Pastikan masih berada di aplikasi Google Maps
  2. Klik ikon tanda panah warna biru di pojok kanan bawah
  3. Kemudian masukkan Lokasi Anda, dan isi Lokasi Tujuan
  4. Pilih mode perjalanan, seperti mobil, motor, atau jalan kaki
  5. Setelah itu, klik ikon Mulai

Mudah banget bukan? Hal ini bisa membantu kamu yang ingin berpergian ke suatu lokasi, namun belum mengetahui rute jalan yang harus dilewati. Maka gunakan Google Maps dengan navigasi suara, tujuannya agar lebih memudahkan perjalanan kamu nantinya.

Meskipun terdapat fitur canggih yang tersemat di Google Maps, kamu harus tetap memperhatikan sekaligus mempelajari rute jalan yang ditampilkan pada layar di aplikasi Maps tersebut. Hal ini dilakukan agar bisa mengantisipasi ketika terjadi masalah atau tersesat dijalan.

Tips Menggunakan Google Maps Agar Tidak Nyasar

Google Maps dirancang untuk memandu pengguna jalan menemukan lokasi tujuan dengan fitur canggihnya, namun teknologi navigasi tersebut tidak selamanya tepat, bisa saja menemukan jalan yang tidak bisa dilewati. Maka dari itu, berikut ini ada cara aman menggunakan Google Maps agar tidak nyasar.

1. Atur Rute Perjalanan

Sebelum memulai perjalanan terlebih dahulu mengatur rute, seperti lokasi awal tempat kamu berada dan lokasi tujuan. Pastikan alamat yang dimasukkan sudah tepat atau sesuai dengan alamat lengkapnya. Kemudian pilih moda transportasi yang sesuai, apabila kamu menggunakan motor maka pilih ikon motor.

2. Pelajari Rute yang Dipilih

Penting untuk mempelajari rute perjalanan yang dipilih pada Google Maps, apakah rutenya berupa jalan kecil atau besar, atau rute melewati perbukitan dan perhatikan pula kondisi kemacetan. Selain itu, pelajari pula rute alternatif yang ditandai warna abu-abu. Mungkin saja rute tersebut lebih cepat dan nyaman.

3. Bertanya pada Warga Sekitar

Malu bertanya sesat dijalan, istilah tersebut bisa menggambarkan ketika tidak mengetahui jalan namun malu untuk bertanya, sehingga bisa tersesat dijalan. Maka jangan ragu untuk bertanya pada warga sekitar, ketika dirasa rute jalan yang ada di Google Maps tidak sesuai atau diarahkan ke jalan yang tidak memungkinkan untuk dilewati.

Ketika mempercayakan sesuatu pada kecanggihan teknologi, maka terlebih dahulu harus bisa mempelajari teknologi tersebut. Tujuannya agar lebih mudah dioperasikan dan bisa mengantisipasi ketika terjadi masalah pada teknologi tersebut atau terjadi error.

Demikian pembahasan terkait dengan tips cara menggunakan Google Maps dengan suara untuk menemani perjalanan menuju lokasi tujuan dengan selamat dan tepat. Semoga informasi yang disampaikan bisa bermanfaat dan selalu nantikan update informasi menarik lainnya.

Leave a Comment