Cara Sound of Text WA Sunda dengan Suara Google Tanpa Install Aplikasi

Voice of Text adalah situs web khusus text to speech atau alat konversi teks menjadi suara, yang bisa digunakan secara online dan tidak membutuhkan aplikasi apapun untuk dipasang di perangkat seluler. Selama ada aplikasi web browser bawaan dan jaringan internet, Voice of Text bisa digunakan.

Aplikasi ini punya banyak fitur yang membuat teks yang dihasilkan jadi lebih bervariasi. Misalnya ada fitur Speed untuk menciptakan dua file audio dari teks yang sama persis, tapi dengan kecepatan suara yang berbeda. Apa lagi yang bisa dilakukan oleh Voice of Text?

Cara Menciptakan File Audio Bahasa Sunda

Salah satu keunggulan situs web text to speech ini adalah pilihan bahasanya yang bervariasi. Tidak hanya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris saja, tapi ada juga bahasa asing lainnya seperti bahasa Jepang, Arab, dan Korea. Bahkan ada pilihan bahasa daerah Indonesia yaitu Jawa dan Sunda.

Kalau Anda tertarik untuk membuat nada dering dengan bahasa Sunda, Voice of Text adalah alat terbaik yang bisa digunakan. Bagaimana cara membuat nada dering atau notifikasi bahasa Sunda dengan bantuan Voice of Text dan mengunduhnya ke penyimpanan internal smartphone Android?

Berikut beberapa langkah yang paling mudah untuk dilakukan. Anda bisa mendownload langsung dari web browser smartphone atau mengunduhnya dari web browser PC lalu memindahkannya.

Sound Of Text Bahasa Sunda Dengan Suara Google
Sound Of Text Bahasa Sunda Dengan Suara Google
  1. Buka aplikasi web browser yang ada di perangkat seluler atau di PC. Isi kolom URL di web browser dengan alamat aplikasi sound of text berikut ini, lalu tekan Enter untuk menuju ke alamat tersebut.
  2. Setelah halaman Voice of Text Bahasa Sunda terbuka, masukkan atau ketikkan teks yang akan dikonversi menjadi suara di kolom Voice Text. Batas maksimal karakter yang boleh Anda masukkan adalah sebanyak 200 karakter saja.
  3. Selanjutnya, klik atau tap tombol Convert to Voice. Tombol ini ada tepat di bagian bawah kolom Voice of Text.
  4. Tidak lama setelah tombol tersebut Anda klik atau tap, tombol Download berwarna biru di samping audio.mp3 akan muncul di bagian bawah Convert to Voice.
  5. Untuk mendengarkan atau mengunduh file audio tersebut, klik atau tap tombol Download berwarna biru. Halaman pemutar audio akan terbuka dan langsung memutar file audio berbahasa Sunda dari teks yang tadi Anda masukkan.
  6. Jika Anda kurang puas dengan hasilnya Anda bisa memilih untuk kembali dan mengubah teks bahasa Sunda, kemudian mengulangi langkah-langkah yang disebutkan sebelumnya. Tapi kalau Anda sudah puas dengan hasil suara tersebut, download file audionya.
  7. Untuk mengunduh file audionya dari web browser smartphone, tap tanda 3 titik yang letaknya ada di paling kanan bar pemutar audio. Tap pada pilihan download untuk menyimpan file tersebut ke penyimpanan smartphone.
  8. Kalau Anda membuka Voice of Text dari web browser yang ada di PC, klik kanan di bar pemutar file audio tersebut.
  9. Klik pilihan Simpan audio dengan nama. Tentukan nama file audio Bahasa Sunda dan lokasi penyimpanan file tersebut.
  10. Selanjutnya, pindahkan file audio Bahasa Sunda dari PC ke penyimpanan smartphone. Bisa menggunakan kabel data, Bluetooth, atau cara lain untuk memindahkan file. Barulah setelah tersimpan di smartphone file audio tersebut bisa digunakan sebagai nada dering.

Karena hanya bisa mengonversi teks sejumlah 200 karakter menjadi file suara bahasa Sunda, Anda perlu mengulangi proses konversi beberapa kali kalau teks yang Anda inginkan terlalu panjang. Setelah itu, Anda perlu menggabungkan file audio tersebut menjadi satu sebelum menggunakannya.

Karakter yang terbatas dari Voice of Text cocok untuk digunakan membuat notifikasi untuk pesan atau aplikasi WhatsApp. Kalau untuk membuat nada dering telepon atau panggilan, Anda bisa menggabungkan dua file audio atau lebih agar menjadi semakin panjang. Cara mengubahnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menambahkan nada dering sound of text sunda dalam format mP3 dalam pengaturan Android lalu mengganti nada dering WA default dengan sound of text tersebut.

Meskipun begitu, Anda tetap bisa menggunakan nada dering hasil situs web text to speech yang diulang-ulang setiap kali ada telepon atau panggilan yang masuk ke perangkat Android.

Leave a Comment