Penggunaan media dari tahun ke tahun semakin bertambah tak terkecuali di Indonesia. Sebagai negara yang banyak penduduknya, Indonesia memiliki jumlah pengguna media sosial yang besar. Di bawah ini adalah data dan fakta pengguna media sosial yang ada di Indonesia. 

Data dan Fakta Pengguna Media Sosial di Indonesia 

Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan penggunaan media sosial terbanyak. Mulai dari pengguna Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain. Tak heran dengan basis pengguna yang banyak, saat ini media sosial menjadi tempat mencari hiburan, informasi, bahkan sumber mencari penghasilan seperti content creator Imaji

Data

Sebelum masuk dalam data penggunaan media sosial lebih baik untuk melihat data pengguna internet terlebih dahulu. Internet di Indonesia sudah mulai merata dan menjangkau hingga ke pelosok daerah itulah yang membuat penggunaan sosial media sangat besar. 

Tercatat mulai Januari 2021 pengguna internet di Indonesia mencapai 202.6 juta orang. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun 2020 dan tingkat peningkatan pengguna mencapai 27 juta orang. Inilah yang mempengaruhi data pengguna media sosial semakin meningkat. 

Data untuk pengguna media sosial di Indonesia terhitung sejak Januari 2021 adalah 170 juta pengguna. Jumlah yang lebih besar dibandingkan tahun 2020 (160 juta pengguna). Peningkatannya mencapai 6.3 % dari tahun 2020  sampai tahun 2021. 

Fakta

Dengan melihat data pengguna internet dan media sosial di atas, maka menunjukkan sebuah fakta bahwa semakin meluas internet maka pengguna sosmed juga semakin banyak. 

Setiap tahun penyebaran semakin meluas dan dengan begitu banyak orang yang akan mengenal sosmed kemudian menjadi pengguna. 

Dengan data di atas berarti 68.3 % penduduk Indonesia adalah pengguna media sosial. Separuh lebih dari total populasi menunjukkan adanya sosial media sangat menarik bagi orang Indonesia. Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi pengguna media sosial tertinggi. 

Jumlah pengguna media sosial  dari tiap tahun terus meningkat seiring pertumbuhan penduduk yang juga cukup tinggi.  Hal ini juga didukung dengan penyebaran mobile connection yang sudah cukup banyak bahkan mencapai angka 342.5 juta.  Dengan begini akses media sosial akan semakin mudah dan lancar. 

Dampak Pertambahan Pengguna Media Sosial

Dari terus bertambahnya pengguna media sosial di Indonesia tentunya akan memunculkan berbagai dampak baik itu positif maupun negatif. Ini adalah semacam hasil yang akan dirasakan oleh setiap orang yang menggunakan media sosial. 

Dampak Positif

Tentu dampak positif utama adalah masyarakat Indonesia dapat mendapatkan berbagai informasi dan menjalin komunikasi baru. Tentu ini akan membuat masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang mengerti dengan perkembangan kehidupan dan dunia luar. 

Pengguna media sosial di Indonesia akan dipermudah akan berbagai hal selain informasi dan komunikasi. Misalnya mengenal hal baru, berbelanja, menjalin kontrak bisnis, dan masih banyak lagi dampak positifnya. 

Dampak Negatif

Semakin banyaknya pengguna media sosial di Indonesia akan merubah kebiasaan dan perilaku. Dengan media sosial, maka banyak orang bisa melihat kegiatan dan kebiasaan orang lain yang belum tentu itu baik. Akhirnya poladepo kebiasaan berganti ke pola yang baru. 

Dengan begini, ciri khas masyarakat Indonesia bisa semakin terkikis. Apalagi pengguna media sosial yang masih muda kebanyakan sudah melupakan kebiasaan dan ciri dari Indonesia sendiri. 

Peningkatan pengguna media sosial terutama di Indonesia paling besar dipengaruhi oleh perluasan internet. Nantinya jika internet Indonesia sudah benar-benar menyebar dan semakin stabil, maka sudah bisa dipastikan bahwa pengguna medsos akan semakin marak.

Tagged in:

,