Mengenal PT Bumitama Gunajaya Agro BGA Group

Bumitama Gunajaya Agro Group (BGA) adalah kelompok perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan pabrik kelapa sawit. BGA Group adalah salah satu divisi usaha dari Harita Group, yang berawal dari akuisisi PT Karya Makmur Bahagia (KMB) pada tahun 1997.

Seiring dengan penambahan perusahaan baru, pada tahun 2004 dibentuk kelompok perusahaan di bawah manajemen PT Bumitama Gunajaya Agro yang kemudian dikenal dengan nama BGA Group.

Saat ini, BGA beroperasi di tiga provinsi yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Riau. Unit Usaha BGA Group terdiri dari 46 perkebunan kelapa sawit (Estate) seluas 141.245 ha (planted area) dan 8 pabrik kelapa sawit (mills) dengan total kapasitas 510 ton/jam.

Dalam rangka mewujudkan langkah pertumbuhan yang pesat, untuk jangka waktu hingga 2015, BGA menargetkan total luas areal yang digarap mencapai 250.000 hektar. Untuk mewujudkan ini, BGA telah menjalin kerja sama strategis dengan IOI Corporation Bhd, perusahaan perkebunan kelas dunia asal Malaysia.

Sinergi BGA dan IOI ini merupakan proses penggabungan kekuatan global best practice dari IOI degnan local knowledge and experience BGA, sehingga akan menjadi salah satu pemain yang terkemuka dalam industri kelapa sawit di Indonesia.

BGA Group menyadari bahwa kesusksesan bisnis perkebunan kelapa sawit saat ini tidak mungkin dicapai hanya degnan mengandalkan keunggulan komparatif berupa kekayaan alam dan letak geografis, tetapi harus disertai dengan keunggulan kompetitif melalui manusia yang berkualitas sebagai aset, Human Capital.

Saat ini, keluarga besar BGA Group berjumlah 28.135 orang yang terdiri dari 1013 staff dan 27.122 karyawan, tersebar baik di kantor pusat Jakarta maupun di seluruh wilayah operasional. BGA Group terus berupaya untuk selalu memberikan produk yang berkualitas dengan efektif dan efisien.

Konsekuensi dari tekad tersebut adalah dengan memberdayakan seluruh karyawan melakukan inovasi dan perbaikan berkesinambungan secara terstruktur dengan menerapkan total quality management.

Leave a Comment